Perbedaan Antara Unique Visitor, Visitor dan Pageview

Posted by Rico Desrianto 5 Komentar
unique visitor pageview
Apa itu Unique Visitor? Apa itu Visitor? Apa pula itu Pageview? Apa perbedaan antara Unique Visitor, Visitor dan Pegeview?
Tentu, ketiga kata ini sudah tidak asing lagi bagi para webmaster ataupun orang orang yang selalu berselancar di dunia web, situs atau blog. Unique Visitor, Visitor dan Pageview kadang kita lihat pada sebuah halaman web yang menampilkan widget untuk jumlah visitor dan pageview untuk halamannya tersebut. contohnya widget dari histat.com. Ini juga biasanya digunakan para webmaster untuk mengetahui jumlah traffic dari blog yang dikelolanya. Jelas, semua webmaster menginginkan nilai yang tinggi pada jumlah Unique Visitor, Visitor dan Pageviewnya, karena itu menandakan traffik pengunjung blog meningkat dan cepat membuat sebuah blog terkenal.
Namun, banyak juga para blogger sering menyamakan arti dari Unique Visitor, Visitor dan Pageview. Jelas, bahwa ketiga hal ini berbeda. Nah, kali ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang perbedaan antara Unique Visitor, Visitor dan Pageview.

pageview visit unique blog post

Apa perbedaan dari Unique Visitor, Visitor dan Pageview?

Sebelumnya, perlu kita ketahui sebuah perbedaan mendasar antara Unique Visitor, Visitor dan Pageview yaitu bahwa jumlah Unique Visitor tidak mungkin melebihi jumlah Visitor dan jumlah Visitor tidak mungkin akan melebihi jumlah Pageview dari sebuah blog. Pageviev pasti akan selalu lebih banyak dari visitor, kemungkinan untuk sama juga ada tapi sangat kecil.

Apa itu Unique Visitor, Visitor dan Pageview?

  1. Unique Visitor
    Unique Visitor adalah Jumlah pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu. Jumlah Unique Visitor adalah indikator pertama keberhasilan sebuah blog, semakin tinggi pengunjung unique, semakin besar peluang tujuan blog tercapai efeknya pada ranking situs. efeknya juga bagus pada alexa rank, tapi belum tentu bagus pada google PR, karena google juga memperhitungkan kualitas visitor, sedangkan jumlah pengunjung bisa didongkrak/direkayasa dengan program traffic exchange (Auto dan Manual Surfing). Satu pengunjung yang berkunjung beberapa kali ke website kita hanya akan terhitung sekali saja.
  2. Visitor
    Visitor adalah pengunjung yang sedang membuka blog kita, baik membuka karena sengaja, maupun membuka karena nyasar, atau kebetulan. Berbeda dengan unique visitor, statistik ini menunjukkan jumlah seluruh kunjungan yang terjadi. Jadi satu pengunjung atau satu IP address dapat terhitung beberapa kali sebanyak kunjungan yang dilakukan. Setiap 1 pengunjung/Visitor pasti sudah ada 1 pageview (halaman yang sedang dilihat). Jika 1 pengunjung tersebut tertarik dengan artikel-artikel yang ada di blog kita, maka kemungkinan besar pengunjung tersebut akan menghasilkan lebih dari 1 Pageview. Maka buatlah sebuah blog dengan artikel-artikel yang semenarik mungkin, agar setiap penunjung tidak hanya singgah sesaat, melainkan singgah sambil jalan-jalan di halaman artikel lain dari blog anda.
  3. Pageview
    Pageview adalah halaman yang sedang dilihat oleh pengunjung/Visitor. Seperti pengertian di atas, 1 Pengunjung sudah pasti akan menghasilkan 1 Pageview. Jika 1 pengunjung tersebut membuka 5 postingan/artikel di blog anda, maka jumlah Pageview akan bertambah 5, tetapi jumlah Visitor masih tetap 1. Jadi, semakin banyak visitor, maka akan memungkinkan blog anda mendapatkan Pageview yang banyak.

Bagaimana cara cepat meningkatkan Unique Visitor, Visitor dan Pageview?

Blog dengan kualitas SEO Friendly tentu sangat mudah dalam mendaparkan ketiga hal tersebut, karena akan banyak mendapatkan kunjungan dari Search Engine seperti google. Berbeda dengan blog yang biasa, tentu harus bekerja keras untuk menjadikan blognya terkenal. Namun, ada cara cepat dalam meningkatkan Unique Visitor, Visitor dan Pageview, yaitu salah satunya dengan melakukan Metode Auto Surfing dan Manual Surfing

Itulah penjelasan tentang Unique Visitor, Visitor dan Pageview. Kunci untuk mendapatkan jumlah yang tinggi dari ketiganya tentu blog anda harus memiliki artikel-artikel yang baik dan pastinya harus SEO friendly. Sebanernya masih banyak lagi Poin - poin yang berhubungan dengan statistik blog, seperti Bounce rate dan Hit, Namun kali ini saya hanya memberikan penjelasan tentang beda antara Unique Visitor, Visitor dan Pageview.
Sekian penjelasan singkat mengenai perbedaan antara Unique Visitor, Visitor dan Pageview.
Semoga Bermanfaat

Suka Artikel ini? Klik G+ yaa...
MKZHackers - Tips Trick SEO Traffic and Blog
Judul Artikel : Perbedaan Antara Unique Visitor, Visitor dan Pageview
Ditulis oleh : Rico Desrianto
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat! Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://mkzhackers.blogspot.com/2012/12/apa-perbedaan-antara-visitor-unique-visitor-dan-pageview-statistik-blog.html. Berkomentarlah sebelum meninggalkan Artikel ini.

5 komentar:

  1. infonya mantap gan..!
    blog sobat udah ane follow yg ke 287..
    >>ane tunggu follbacknya>>http://munsypedia.blogspot.com/

    kalo boleh nanya gimana cara buat " beranda-site map -....." kayak blog sobat tu,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah di follback gan..

      nanti kalo ad waktu luang. ane posting cara pasangnya..
      atau bisa juga cari di google gan..

      Hapus
  2. ilmu dasar yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Owh baru aku tau perbedaannya ternyata seperti itu ea gan ? salam kenal z ea !!!

    BalasHapus

Terima Kasih jika anda menyempatkan waktu untuk berkomentar di Blog ini untuk perkembangan Blog ini kedepannya. Berkomentarlah dengan baik dan sopan serta jangan nge-spam. Jangan pula sungkan untuk bertanya :)

Tips Trik SEO Traffic Blog support Rico Desrianto - Original design by Bamz | Copyright of MKZ-Hackers.

Follower