7 Tips Dalam Menentukan Nama Domain Untuk Website

Posted by Rico Desrianto 5 Komentar

7 Tips Dalam Menentukan Nama Domain Untuk Website

memilih nama domain
Apa Nama Domain yang ingin saya buat? Bagaimana cara dalam memilih Nama Domain? Apakah Nama Domain benar - benar dapat menentukan nasib Blog saya?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut suda sering ditanyakan beberapa orang sebelum membuat web. Jalas, bahwa dalam artikel tentang 3 hal penting dalam Menentukan nasib blog anda lewat Nama Domain, Nama Domain sangat mempunyai peran penting dalam optimasi SEO page blog. Dan bukan menjadi rahasia lagi bahwa, teknik optimasi SEO dengan Nama Domain, sudah banyak dilakukan para webmaste-webmaster sukses.

Seiring dengan perkembangan Internet Marketing di Indonesia, pemakaian Nama Domain merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan lagi. Nama Domain merupakan label yang menyatakan identitas dari blog/website yang kita miliki. Nama Domain mencerminkan isi dan kualitas dari blog/website kita. Oleh karena itu cara untuk memilih dan menentukan nama Domain merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui, sebelum kita dapat benar-benar membeli nama Domain.

Berikut ini, saya akan membagikan 7 Tips Dalam Menentukan Nama Domain Untuk Website baru anda :

1. Selalu Gunakan .com

nama domain com
Hindari penggunaan TLD (Top Level Domain) seperti “info” , "net" atau “biz”, jika Anda benar-benar serius untuk website anda. “com” juga lebih populer dibandingkan “net”. Dan pengunjung lebih cenderung mengetikkan TLD “com” dibandingkan TLD lainnya.
Anda juga dapat menggunakan TLD yang berkaitan dengan pasar yang Anda tuju, misalnya “co.id” untuk pasar Indonesia.

2. Jangan Menggunakan Nama Domain yang Terlalu Panjang

Walaupun Anda bisa menggunakan sebanyak 67 karakter untuk nama Domain, tetapi penggunaan Nama Domain yang terlalu panjang akan membingungkan pengunjung.
Seberapa banyak anda mendapati orang yang akan mengetikkan Nama Domain seperti : "tokosepatuserbaadaonline.com” ? Jelas sedikit. Memang, hal itu dilakukan karena ingin memasukkan kata kunci pada Nama Domain, tapi jika terlalu panjang juga akan susah untuk diingat.

3. Hindari Penggunaan Hypens (-)

Kenapa?? Nama domain yang menggunakan hypens (tanda minus) lebih sulit untuk diingat, dieja dan disebutkan. Kita akan susah menerangkan kepada orang lain jika nama domain yang dimiliki menggunakan hypens/dash.
Tetapi sebagian orang lebih suka untuk menggunakan Nama Domain yang memakai hypens. Jika Anda suka untuk menggunakan nama domain yang memakai hypens, pastikan bahwa Anda juga membeli nama domain yang tidak memakai hypens, supaya Anda tidak kehilangan traffic/pengunjung.
Misalnya : “website-paling-top-sekali.com” dan “websitepalingtopsekali.com”.

Anda tinggal mendirect “websitepalingtopsekali.com” ke Nama Domain anda yang lain yang memakai hypens.

4. Pilih Nama Domain yang mengandung Keyword (Kata Kunci) yang Populer di topik/bidangnya.

Jelas hal ini akan membantu pengunjung untuk mengingat Nama Domain Anda. Selain itu, Nama Domain yang Mengandung Keyword yang populer di topiknya akan membantu posisi rangking website Anda di SERP google atau search engine lainnya

5. Jangan Menggunakan Digit/Angka “0″

Kenapa?? Ini akan membingungkan pengunjung untuk menebak apakah itu angka “0″ atau huruf “O”.
Namun, Jika Anda tetap ingin menggunakan angka “0″, pastikan itu untuk bagian nama yang pasti diketahui oleh pengunjung, seperti 100, 3000, dll. Selain itu, pastikan bahwa Anda juga membeli nama domain serupa yang menggunakan huruf “O".

6. Hindari Juga Penggunaan Angka “2″ untuk Mengganti “to”, dan Angka “4″ untuk Mengganti “for”

Banyak para orang yang selalu memikirkan untuk mengganti kata dengan angka. Hal ini justru juga akan membingungkan pengunjung. Mereka harus menebak-nebak dahulu arti dari nama domain tersebut.

Tetapi jika Anda tetap menggunakannya, seperti biasa, beli juga Nama Domain serupa yang merupakan kepanjangannya. Misal “Just4u.com” dan “JustForYou.com”

7. Pertimbangkan untuk Menggunakan Angka “1″ di Depan Nama Domain

nama domain 1
Ketika seseorang membuat direktori website, mereka akan menentukan cara untuk menyusun Nama Website dalam direktori tersebut. Susunan yang paling sering digunakan adalah susunan alfabet. Penggunaan angka “1″ didepan, seperti “1stClass.com” akan membantu dalam posisi website Anda di direktori tersebut. Selain itu angka tersebut juga mencerminkan bahwa bisnis Anda adalah bisnis terdepan di bidang tersebut.

Tetapi penggunaan angka “1″ ini juga tidak berlaku di sebagian direktori yang ada. Seperti Yahoo, mereka menggunakan title/judul dari website yang di -submit. Juga seperti di dmoz.org, mereka akan mengabaikan angka “1″ atau “1st” tersebut, dan membaca huruf setelahnya. Misalnya “1stZebraCross.com” akan dibaca pada urutan “Z”.

Anda dapat menggunakan huruf “A” setelah menggunakan angka “1″ untuk menyiasati hal ini, sehingga website Anda tetap berada di urutan atas pada direktori tersebut. Juga pertimbangkan untuk memakai “ist” (huruf i) dan kemudian mendirect ke domain Anda yang menggunakan “1st” (angka 1). Karena kecenderungan pengunjung juga mengetikkan huruf “i”.


Demikianlah Ke-7 Tips dalam Memilih dan Menentukan Nama Domain. 7 Tips tersebut diatas sangat penting untuk anda terapkan jika ingin membuat sebuah website, karena nantinya hal itu akan dapat mempengaruhi SEO blog anda kedepannya. Jadi, Pikirkan ke 7 Tips tersebut sebelum menentukan Nama Domain website/ blog anda.
Semoga Bermanfaat!

Suka Artikel ini? Klik G+ yaa...
MKZHackers - Tips Trick SEO Traffic and Blog
Judul Artikel : 7 Tips Dalam Menentukan Nama Domain Untuk Website
Ditulis oleh : Rico Desrianto
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat! Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://mkzhackers.blogspot.com/2012/12/7-tips-dalam-menentukan-nama-domain-untuk-website.html. Berkomentarlah sebelum meninggalkan Artikel ini.

5 komentar:

  1. .: TQ 4 ur share kawan, ane baru rencana ganti domain dot com...^_^

    BalasHapus
  2. Mas bagaimana dengan nama domain yang brendable alias nama domain isi websitenya yang campuran? Apakah harus juga menembak keyword sesuai nama domain kita? Mohon tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas... keyword paling utama tentu harus berada pada nama domain kita..

      Hapus
  3. tpi percuma gan pnya domain bagus tpi gk ada pengunjungnya alias SEO. Ya Kan Bner gk ?

    BalasHapus

Terima Kasih jika anda menyempatkan waktu untuk berkomentar di Blog ini untuk perkembangan Blog ini kedepannya. Berkomentarlah dengan baik dan sopan serta jangan nge-spam. Jangan pula sungkan untuk bertanya :)

Tips Trik SEO Traffic Blog support Rico Desrianto - Original design by Bamz | Copyright of MKZ-Hackers.

Follower