9 Tips Ampuh Untuk Mengoptimalkan Judul Post Blog

Posted by Rico Desrianto 12 Komentar

9 Tips Ampuh Untuk Mengoptimalkan Judul Post Blog

mengoptimalkan judul postingan blog
Setelah sebelumnya telah banyak dibagikan SEO Tools dan BLOG Tools untuk mengoptimalkan SEO Blog, Kali ini akan diberikan 9 tips dalam mengoptimalkan Judul postingan blog. Telah diberitahu sebelumnya pada 4 Tempat Terbaik Meletakkan Kata Kunci Di Postingan, bahwa Judul merupakan salah satu cara dalam optimasi SEO blog dengan meletakkan kata kunci didalamnya.

Apakah Judul Posting Membuat Perbedaan terhadap SERP?
SERP adalah Search Engine Results Page atau biasa disebut Halaman Hasil Search Engine. Lebih dari 95% pengguna Google mencari hasil pada halaman pertama dan jarang mengklik tombol next untuk melihat hasil pada halaman berikutnya. Jadi selama post Anda berada di halaman pertama, jumlah pengujung ke blog anda akan terus ada. Trus bagaimana cara agar postingan kita berada di halaman pertama? Nah, Judul disini sangat memainkan peran penting dalam membawa trafik ke blog Anda. Trafik utama didasarkan pada judul posting dan kemudian ke isi/konten dari post. Ketika “Bots” menjelajahi blog mereka mencari semua data yang relevan di dalam Judul yaitu pos, Deskripsi, kata kunci, judul dan semua tag gambar. Jadi semuanya hanya akan dihitungan dan posting blog yang dioptimalkan akan membuat blog anda bertahan di halaman pertama Google.

Untuk itu untuk Mengoptimalkan Judul Post Blog anda, berikut ke 9 Tipsnya :

1. Semakin Sederhana, Semakin Baik

mengoptimalkan judul postingan blog
Anda harus menggunakan kata kunci yang paling umum dalam judul untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke blog, tetapi jika Anda memilih judul yang irasional (tidak logis) maka ini tidak hanya akan mempengaruhi SEO tetapi juga dapat menyesatkan pembaca. Yang perlu di ingat yaitu Anda akan memberikan informasi berkualitas kepada pembaca jadi jangan menulis judul yang sulit tetapi harus buatlah lebih sederhana, karena Google menyukai kesederhanaan.

2. Tujuan Anda Dalam Menulis Judul Postingan

Tujuan dalam menulis yaitu untuk pembaca, jadi janganlah terlalu berfikir secara egois apa yang Anda mau. Tugas Anda adalah untuk menyediakan mereka informasi yang akurat. Contohnya : jika Anda membuat posting tentang Apel dan tetapi judul posting Anda adalah Pisang, maka pembaca yang sedang mencari tentang Pisang akan mendarat di tempat yang ia tidak ingin cari, dan oleh karena kekonyolan Anda tersebut, anda akan kehilangan pembaca setia. Jadi Anda harus menjaga aspirasi dan berpikir tentang audiens Anda dan terlebih lagi Anda harus memilih judul sesuai dengan isi postingan Anda.

3. Membuat Judul Postingan Yang Deskriptif

Judul memberikan ide kepada pembaca Anda apa tentang semua isi posting dan memberikan pengetahuan dasar kepada pembaca tentang topik yang tercakup dalam posting Anda. Jadi Anda harus memilih judul yang jelas dan dapat menjelaskan tentang isi dari artikel yang dibuat. Anda dapat menggunakan kata kunci kreatif untuk membuat judul yang unik dari yang lain, tapi harus memperhatikan jumlah karakter pada judul yaitu 75 karakter.

4. Gunakan Sinonim untuk Membuat Judul Post Yang unik Dari Lainnya

Umumnya dalam memilih judul posting, Biasanya para webmaster sering melakukan pencarian untuk memeriksa apakah kata kunci yang akan mereka gunakan dalam judul tidak diambil oleh orang lain, dan sebagian besar yang telah mencari, mendapati bahwa kata kunci yang diinginkan sudah digunakan. Jadi dalam situasi ini Anda tidak perlu menjadi lebih sibuk, sebaliknya Anda dapat menggunakan teknik tata bahasa yang akan memberi Anda kata kunci dengan arti yang sama tetapi katanya berbeda, Yaa, yang dimaksudkan disini adalah tentang Sinonim. Pada dasarnya sinonim adalah kata-kata yang hampir sama atau serupa dalam arti misalnya, pada kata “Kreatif” Anda dapat menggunakan “Artistik”, dan dengan menggunakan sinonim, Anda menargetkan konten yang sama tetapi dengan kata kunci yang berbeda.

Jika ingin mencari sinonim, Anda dapat menggunakan Microsoft Word :
  • Buka Ms Office.
  • Sisipkan Judul posting Anda.
  • Klik kanan pada kata yang ingin Anda ubah.
  • Pilih Sinonim
  • Dan di sini Anda akan melihat daftar kata yang berbeda dengan arti yang sama sekarang pilih kata kunci untuk judul yang sesuai dengan posting Anda.

mengoptimalkan judul postingan blog

5. Buatlah Judul Yang Pendek (Gunakan Keyword Penting Saja

Cobalah untuk menggunakan judul singkat tapi cerdas. Search Engine hanya mencari niche konten tertentu. Dan ini adalah alasan Anda mempertahankan kualitas dalam postingan Anda. Cobalah untuk membuat judul sesingkat mungkin dan pastikan tidak pernah melebihi 75 karakter. Untuk menjaga kualitas saya sarankan Anda untuk menggunakan 60 karakter dalam setiap judul posting Anda.

6. Gunakan Kata Yang Sedang Trend

Cobalah untuk menggunakan kata-kata trendi dalam judul posting Anda untuk menarik perhatian pembaca. Ini tidak hanya akan meningkatkan trafik Anda, tetapi juga akan memainkan peran penting untuk membangun pembaca Anda. Biasanya orang lebih menyukai "Hot" Latest topics. Tapi tetap saja Anda perlu menggunakan kata kunci trendi yang terkait dengan niche Anda dan harus berkaitan dengan isi konten.

7. Gunakan Kata “Eye Catching”

Kebanyakan pengguna mencari artikel-artikel atau konten yang terbaik di pasar misalnya, Jika anda ingin membeli sesuatu dati toko online, toko tersebut harus memastikanbahwa kualitas dari produknya sangat unggul. Nah, Dengan cara yang sama, cobalah untuk membuat pembaca suka dengan artikel tersebut yaitu dengan menggunakan kata kunci seperti HOT, Terbaik, Sempurna, Baik, Sangat Baik dll. Karena itu akan membuat orang untuk penasaran.

8. Gunakan Judul Posting yang Bertanya

optimalkan judul post
Dunia kosakata benar-benar besar, Anda dapat memilih ekspresi yang tak terhitung jumlahnya untuk judul Anda dan dengan teknik yang sama dalam membuat judul, Bertanya paling efektif untuk mendapatkan perhatian dan menarik perhatian pembaca. Misalnya gunakanlah kata Bagaimana, Apa, Cara, dalam judul akan yang dibuat.

9. Gunakan Judul posting Yang Unik dan Satu - Satunya

Perlu Anda ketahui bahwa Google sangat menyukai Keunikan .Jadi, cobalah untuk membuat Judul seunik mungkin. Karena judul yang unik, Anda akan memperoleh peringkat tinggi di SERP dan karenanya ini tidak hanya akan meningkatkan traffic blog Anda tetapi juga memiliki dampak yang besar dalam SEO.

Jadi, Itulah ke 9 Tips Dalam menentukan Judul dari Sebuah Artikel. Ketahuilah bahwa judul postingan merupakan Jantung dari sebuah Blog sehingga dengan kesalahan konyol sedikitpun, dapat menghancurkan seluruh postingan Anda. Pastikan untuk menerapkan Ke-9 Tips diatas untuk optimalkan Traffic Blog anda.
Semoga Bermanfaat!

Suka Artikel ini? Klik G+ yaa...
MKZHackers - Tips Trick SEO Traffic and Blog
Judul Artikel : 9 Tips Ampuh Untuk Mengoptimalkan Judul Post Blog
Ditulis oleh : Rico Desrianto
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat! Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://mkzhackers.blogspot.com/2012/12/9-tips-ampuh-untuk-mengoptimalkan-Judul-postingan-blog.html. Berkomentarlah sebelum meninggalkan Artikel ini.

12 komentar:

  1. sangat masuk akal dan profesional postingannya, saya baru belajar membuat blog tapi ngk tau memasukkan meta tag di templete dan postingan,,,tolong bantu? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dibuatkan postingan tentang cara pemasangan meta tag gan :
      http://mkzhackers.blogspot.com/2012/12/cara-memasang-meta-tag-content-seo-friendly-yang-benar-di-blog.html

      Hapus
  2. Belajar nulis dimana kah bro ?? Bagus tulisan mu :D

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara enuliskan artikel dengan tujuan untuk mengoptimalkan kata kunci tertarget ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di baca disini gann..
      http://mkzhackers.blogspot.com/2012/11/4-tempat-terbaik-meletakkan-keyword-kata-kunci-di-postingan-blog.html

      Hapus
  4. Salam senyum dari saya
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

    BalasHapus
  5. terimakasi banyak atas tulisan n postingannya, semoga bermanfaat untuk kita yang membacanya.
    salam kenal yah bro

    BalasHapus
  6. wah matab bener nich untuk infonya gan sangat bermanfaat sekali untuk saya bagi pemula

    BalasHapus
  7. thanks banget gan infonya,sangat bermanfaat buat saya :) ,izin bookmark

    BalasHapus
  8. Gan Cara Nembak Keyword Gmana ? saya baru pemula ? tolong ya gan :)

    BalasHapus
  9. Gan cara optimasi title page gmana ya ?

    BalasHapus
  10. ok2 masuk sekali idenya, apa sering ganti2 title pengaruh pada serp ya gan ?

    BalasHapus

Terima Kasih jika anda menyempatkan waktu untuk berkomentar di Blog ini untuk perkembangan Blog ini kedepannya. Berkomentarlah dengan baik dan sopan serta jangan nge-spam. Jangan pula sungkan untuk bertanya :)

Tips Trik SEO Traffic Blog support Rico Desrianto - Original design by Bamz | Copyright of MKZ-Hackers.

Follower