Menggunakan Meta Description (Deskripsi Penelusuran) Pada Postingan

Posted by Rico Desrianto 9 Komentar
Meta Description Seo
Cara Menggunakan Meta Description (Deskripsi Penelusuran) Pada Postingan blog.
Berdasarkan artikel sebelumnya tentang cara Menulis Artikel Yang Menarik dan Berkualitas serta Standar SEO, bahwa salah satu faktor penentunya adalah Meta Description (Deskripsi Penelusuran). Meta Description atau Deskripsi Penelusuran sangatlah penting dalam pengoptimisasian SEO Onpage Blog kita.

Apa Itu Meta Description (Deskripsi Penelusuran)?
Untuk Lebih Jelasnya Lihat gambar salah satu artikel MkZHacker di google dibawah ini :

Deskripsi Penelusuran Google

Yang kotak berwarna merah tersebut yang disebut dengan Meta Description / Deskripsi Penelusuran. Kata-kata tersebut dapat kita edit untuk di tampilkan di halaman google.
Bagaimana Caranya?

Langsung saja ikuti langkah-langkah dalam pemasangan Meta Description :
  1. Buka Blog Anda
  2. Pilih Setelan (Menu Paling Bawah)
  3. Klik Prefesensi Penelusuran
  4. Klik Edit pada Tag Meta Deskripsi, maka akan muncul seperti gambar berikut :
    Meta Description
  5. Aktifkan Meta Description / Deskripsi Penelusuran dengan Memilih YA
  6. Klik Simpan Perubahan
Setelah melakukan langkah-langkah diatas, Silahkan Masuk ke halaman Entri Baru. Lihat pada bagian Setelan entri di bagian kanan, akan muncul sebuah menu baru yaitu Deskripsi Penelusuran
Deskripsi Penelusuran
Nah, saat anda akan membuat postingan, silahkan mengoptimalkan SEO onpage blog anda dengan membuat deskripsi dari postingan yang anda buat yang akan ditampilkan di Halam Penelusuran Google.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Meta Description?
  1. Meta description hendaknya berisi kalimat, bukan sekedar frase atau keyword tanpa bisa dipahami maknanya oleh pengunjung. Meta description adalah yang ditampilkan sebagai snippet deskripsi di bawah judul konten. Gunakan kalimat jelas dan upayakan dapat membuat pengunjung untuk melakukan klik. Meta description merupakan SEO Onpage yang menjadi alat ampuh untuk meningkatkan traffic blog jika digunakan dengan benar.
  2. Memperhatikan keyword yang digunakan sangat penting, namun sebaiknya jangan membanjiri deskripsi dengan keyword saja, karena membingungkan pengunjung dan justru bisa dianggap sebagai spam oleh Google. Jangan membuat deskripsi yang sengaja dibuat dengan menggunakan tag: page title - blog name - page title, yang menghasilkan judul blog - nama blog - judul blog, ini justru dapat merugikan blog karena tidak deskriptif, berisi pengulangan-pengulangan tidak penting, dan tentunya bisa menjadi spam!
  3. Jumlah karakter yang ditampilkan di search snippet kini semakin berkurang, dulu karakter deskripsi bisa mencapai 160 karakter. Tapi kini cuma di bawah jumlah itu. Bahkan untuk berjaga-jaga, sebaiknya deskripsi memiliki karakter tidak lebih dari 140 karakter (mengingat kini snippet tanggal juga ditampilkan).

Sekian Trik sederhana Optimisasi SEO Onpage dengan melakukan penggunaan Meta Description (Deskripsi Penelusuran) Pada Postingan
Semoga Bermanfaat!

Suka Artikel ini? Klik G+ yaa...
MKZHackers - Tips Trick SEO Traffic and Blog
Judul Artikel : Menggunakan Meta Description (Deskripsi Penelusuran) Pada Postingan
Ditulis oleh : Rico Desrianto
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat! Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://mkzhackers.blogspot.com/2012/11/cara-memasang-danmengoptimalkan--meta-description-deskripsi-penelusuran-pada-postingan-blog.html. Berkomentarlah sebelum meninggalkan Artikel ini.

9 komentar:

  1. iyaa sob.. terima kasih atas kunjungannya..

    BalasHapus
  2. kalau kotak deskripsi penelusuran hilang, bagaimana ya gan untuk menampilkannya kembali

    BalasHapus
  3. Tanpa Deskripsi penelusuran, maka blog akan sangat sulit dirayapi dan jangan berharap bahwa blog akan cepat terindex oleh mesin pencari google. Tak bisa dipungkiri bahwa situs lain akan menampilkan situs blog kita pada dengan mengambil informasinya dari meta description penelurusan tsb. META DESCRIPTION | DESKRIPSI PENELUSURAN BLOGGER

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu nihh.. makasih yahh

    BalasHapus
  5. wahhhh saya baru tahu kalo blogspot bisa ky gini ,,, saya kira cm wordpress aja ,,, makasih gan infonya

    BalasHapus
  6. ternyata mudah ,. terimakasih untuk informasinya

    BalasHapus
  7. sebenarnya bermanfaat gk sih sob Deskripsi penelusuran ini?
    Bagaimana jika tidak dipergunakan?
    Thanks!

    BalasHapus
  8. terimakasih atas infonya gan, tapi saya masih bingung..
    saya itu kalo membuat deskripsi penelusuran palingan hanya Judul post saja,
    apakah ada efek buruknya??

    tolong dijawab!

    BalasHapus

Terima Kasih jika anda menyempatkan waktu untuk berkomentar di Blog ini untuk perkembangan Blog ini kedepannya. Berkomentarlah dengan baik dan sopan serta jangan nge-spam. Jangan pula sungkan untuk bertanya :)

Tips Trik SEO Traffic Blog support Rico Desrianto - Original design by Bamz | Copyright of MKZ-Hackers.

Follower