5 Tips Ampuh Mendapatkan Banyak Komentar untuk Blog Baru

Posted by Rico Desrianto 8 Komentar
cara mendapatkan banyak komentar untuk blog baru
Apakah blog yang baru sulit untuk mendapatkan komentar? Seberapa penting memiliki banyak komentar di blog yang baru?
Banyak blogger saat ini yang bahkan sudah lama memulai blognya belum tentu mempunyai banyak komentar di setiap postingannya. Mengapa demikian? Jika anda seorang blogger yang baru dan ingin mendapatkan lebih banyak komentar pada blog anda yang baru, artikel ini mungkin akan banyak membantu anda.

Bagaimana cara mendapatkan banyak komentar untuk blog yang baru?
Umumnya Blog dimaksudkan sebagai tempat diskusi. Dimana setiap blogger membahas topik tertentu yang mana mendapatkan komentar atas apa yang dibuatnya merupakan suatu hal yang penting setelah mendapatkan banyak pengunjung. Komentar menunjukkan seberapa aktif blog tersebut, atau dengan kata lain Komentar akan membuat blog lebih hidup. Aktifkah selalu pada komentar di setiap artikel anda. Hal ini akan memungkinkan pembaca untuk berinteraksi satu sama lain sehingga akan menjaga percakapan yang telah terjadi. Sebenarnya juga, jika anda cukup pintar untuk melihat, kadang-kadang komentar pembaca bisa memberikan ide-ide untuk blog anda dan topik apa yang harus anda buat untuk artikel selanjutnya.
Adapun untuk blog yang baru, komentar memainkan peran yang sangat penting dalam membuat blog menjadi populer dan membuat orang yang datang ingin kembali lagi dalam waktu dekat.

Kali ini ada sedikit tips ampuh yang ingin saya bagikan kepada anda tentang cara untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog atau di setiap posting baru yang anda publikasikan :

1. Bangun Jaringan yang Kuat

Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog baru adalah memiliki HUBUNGAN atau JARINGAN dengan blogger lainnya. Kenapa? Karena mereka akan lebih antusias untuk menanggapi tentang baik buruknya konten yang anda bagikan kepada mereka dibanding orang lain. Memiliki hubungan yang kuat dengan sesama blogger, tidak hanya akan menghasilkan komentar yang banyak tapi anda juga akan mendapat trafik yang lebih.
Berikut ini ada beberapa tips untuk membantu anda membangun jaringan yang baik dengan blogger lain :
  • Add dan bergabunglah dengan mereka di Jejaring Sosial (facebook dan twitter)
  • Share setiap konten yang dibuatnya
  • Berikan komentar yang baik di blog mereka
  • Berikan sedikit backlink ke blog atau ke artikel mereka dalam postingan anda

2. Ajak Pembaca Anda untuk Berkomentar

Tulislah sebuah kalimat ajakan yang membuat pembaca anda akan berkomentar di artikel yang dibacanya. Anda dapat menempatkannya di akhir artikel yang anda buat. Gunakan kalimat yang sopan dan tidak memaksa.
Contohnya :
  • "Apa yang anda pikirkan tentang postingan ini?"
  • "Jika ada pertanyaan seputar artikel ini silahkan berkomentar"
  • Atau pertanyaan lain yang berhubungan dengan postingan anda

3. Beri Penghargaan kepada Komentator

Apa yang dimaksudkan dengan penghargaan yang akan diberikan? Maksudnya, jika mereka berkomentar di blog anda, mereka akan mendapatkan sedikit keuntungan seperti link profil mereka yang akan berada pada halaman utama anda.
Berikut yang bisa anda lakukan untuk membuat pembaca anda ingin berkomentar :
  • Pasang Widget Top Komentator
  • Pasang widget Komentar Terbaru
  • Gunakan plugin CommentLuv
  • Tips terbaik : berikan hal yang gratis untuk yang selalu berkomentar di blog anda, seperti backlink.

4. Buat Artikel Selengkap - Lengkapnya dan Terperinci

Hal ini memang seharusnya dilakukan seorang blogger setiap saat. Tapi banyak blogger yang tidak melakukannya. Konten yang terperinci akan membuat seseorang yang membutuhkannya akan merasa terbantu dan berterima kasih kepada anda. tentu saja hal itu akan diungkapkannya lewat komentar. Tidak hanya itu, seperti yang saya bilang pada postingan sebelumnya, membuat konten yang terperinci dan berkualitas akan membuat blog anda dipercaya oleh pengunjung yang datang dan akan membuat mereka selalu ingin berdiskusi tentang artikel yang anda buat karena mereka merasa anda tahu banyak.
Baca Juga : 7 Tips Menulis Artikel Yang Menarik dan Berkualitas

5. Berikan Komentar di Blog Lain

Hal ini juga yang perlu diperhatikan setiap blogger. Biasakan untuk melakukan hal ini maka anda pun juga akan mendapatkannya. Ingat, jangan hanya berkomentar untuk langsung menyuruhnya komentar balik ke blog anda. Berikan komentar dengan baik sesuai Artikel yang ada dan cobalah tinggalkan link Blog anda untuk meminta pendapat tentang Blog anda.

Bangunlah semua kebiasan baik diatas untuk blog anda yang baru dan lihat hasilnya di kemudian hari. Intinya, selalu berbagi, share dan komentari artikel blogger lain sebelum anda meminta mereka melakukan hal serupa. Saya yakin tips ini akan membantu anda untuk mendapatkan komentar yang banyak di blog anda yang baru ataupun yang lama.
Semoga bermanfaat.

Suka Artikel ini? Klik G+ yaa...
MKZHackers - Tips Trick SEO Traffic and Blog
Judul Artikel : 5 Tips Ampuh Mendapatkan Banyak Komentar untuk Blog Baru
Ditulis oleh : Rico Desrianto
Rating Blog : 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat! Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://mkzhackers.blogspot.com/2013/04/tips-ampuh-mendapatkan-banyak-komentar.html. Berkomentarlah sebelum meninggalkan Artikel ini.

8 komentar:

  1. kalau sekarang blog ane sepi komentar nih gan, mungkin pengaruh malas blogwalking dan postingan ane kurang menarik kali ya :(

    BalasHapus
  2. ada yang bilang artikel di blog saya sangat rinci dan gamblang. padahal saya sudah mencoba menahan loh untuk tidak terlalu mendetail menulisnya agar nanti bisa menjadi bahan diskusi. kalau menurut anda bagaimana?

    BalasHapus
  3. waah... menarik sekali ini. sangat membantu saya...

    http://das-learning.blogspot.com

    BalasHapus
  4. wah ini harus dicoba nih , makasih banyak gan infonya ..

    BalasHapus
  5. makasih banyak infonya gan , sangat menarik sekali ..

    BalasHapus
  6. terima kasih infonya... hal ini coba kami lakukan... nambah aktivitas di internet dg berkunjung dan berkomentar di blog / web lain... jalin silaturrohmi...

    BalasHapus
  7. Arikel yang asli dan unik bisa membuat visitor komen gan :D

    BalasHapus

Terima Kasih jika anda menyempatkan waktu untuk berkomentar di Blog ini untuk perkembangan Blog ini kedepannya. Berkomentarlah dengan baik dan sopan serta jangan nge-spam. Jangan pula sungkan untuk bertanya :)

Tips Trik SEO Traffic Blog support Rico Desrianto - Original design by Bamz | Copyright of MKZ-Hackers.

Follower